Penerima
Dalam setiap situasi komunikasi, paling baik bila perhatian diawali dari unsur penerima (biasanya disebut dengan khalayak atau kelompok sasaran). “Kenali khalayak Anda”, merupakan prinsip dasar dalam komunikasi. Pertanyaan pertama yang perlu kita ajukan adalah, “Siapakah khalayak kita?”. Jika kita tidak dapat mengidentifikasi secara khusus dengan siapa kita akan berkomunikasi selain dengan “seseorang” atau “masyarakat umum”, kita sebaiknya tidak melanjutkan proses komunikasi sebelum kita memperjelas hal tersebut.
Dalam setiap situasi komunikasi, paling baik bila perhatian diawali dari unsur penerima (biasanya disebut dengan khalayak atau kelompok sasaran). “Kenali khalayak Anda”, merupakan prinsip dasar dalam komunikasi. Pertanyaan pertama yang perlu kita ajukan adalah, “Siapakah khalayak kita?”. Jika kita tidak dapat mengidentifikasi secara khusus dengan siapa kita akan berkomunikasi selain dengan “seseorang” atau “masyarakat umum”, kita sebaiknya tidak melanjutkan proses komunikasi sebelum kita memperjelas hal tersebut.
Mengenali siapa yang ingin kita jangkau dapat membantu kita dalam mengembang kan pesan yang sesuai, memilih media yang sesuai dan menentukan saluran yang paling mungkin untuk menjangkau mereka. Sebaiknya, kita menemukan beberapa karakterisitik khalayak yang relevan, seperti data kependudukan, termasuk karakteristik mereka yang berhubungan dengan media atau komunikasi serta tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku (Knowledge- Attitude- Practice) yang berhubungan dengan topik yang ingin kita komunikasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar