TERJEMAHAN BAHASA

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Minggu, 01 Januari 2012

Informasi dan Komunikasi dalam lingkungan keluarga

Di lingkungan keluarga, komunikasi juga sangat besar kedudukannya dalam mempertahankan kelangsungan hidup keluarga yang bersangkutan. Tanpa dibarengi dengan pelaksanaan komunikasi yang terbuka antar anggota dalam suatu keluarga, dipastikan tidak akan terjadi keharmonisan di dalamnya. Bahkan kegagalan-kegagalan dalam perkawinan di suatu keluarga, sebagian besar karena tidak adanya informasi komunikasi yang terbuka. Salah satu syarat utama untuk memahamkan orang lain dalam lingkungan keluarga adalah komunikasi yang terbuka tadi. Masing-masing anggota keluarga saling membuka diri atas hal-hal yang bisa menjadikan ketidaksejalanan anggota keluarga. Dengan membuka diri tersebut, maka tiap anggota keluarga yang lain akan memahami kemauan-kemauan dan gagasannya, sehingga jika pun terjadi hal-hal yang berbeda, akan bisa dicari jalan keluarnya.
Dalam keluarga juga paling sering terjadinya proses komunikasi dan informasi pendidikan. Bukankah pendidikan awalnya dari keluarga? Sebagian besar manusia dididik awalnya di lingkungan keluarga. Segala perilaku orang tua dan lingkungannya dalam keluarga, sepanjang anak-anak masih diasuh di dalamnya, akan selalu mendapatkan proses pendidikan. Bentuk nyatanya adalah, orang tua selalu memberi nasehat-nasehat tertentu kepada anak-anaknya, membuat peraturan yang mengikat terhadap seluruh anggota keluarga, melindungi anak dari hal-hal buruk dan pengaruh luar yang buruk, memberikan contoh bagaimana makan yang baik, berbicara yang sopan, dan bertindak sesuai dengan aturan norma yang berlaku, dsb. Itu semua menggambarkan proses pendidikan di dalam keluarga.
Tidak mungkin cukup halaman ini untuk memverbalkan semua proses pendidikan dan juga komunikasi dan saling berbagi informasi yang berlangsung di lingkungan keluarga. Itu tadi hanya sebagian kecil saja yang dijadikan contoh untuk sekadar mengingatkan, bahwa proses pendidikan melalui pelaksanaan komunikasi yang efektif dalam lingkungan keluarga, sangat banyak variasinya. Mereka atau orang tua ada yang lebih menekankan kepada kerasnya disiplin, ada yang lebih menekankan kepada aspek demokrasinya, dan ada juga yang lebih menitikberatkan kepada kasih sayangnya.
Di dalam lingkungan keluarga memang tidak hanya terjadi proses komunikasi pendidikan, melainkan juga masih sering terkait dengan proses komunikasi lain seperti komunikasi massa (setidaknya sebagai anggota audiens pemirsa), komunikasi sosial karena keluarga adalah lembaga sosial yang terkecil di masyarakat, dsb. Namun demikian, pola komunikasi keluarga tampaknya lebih dominan.
Informasi dalam lingkungan keluarga pun menyertai kehadiran proses komunikasi, baik langsung ataupun tidak langsung. Seperti halnya proses komunikasi, proses perjalanan informasi dalam lingkungan keluarga selalu sejalan sebagai sertaan proses komunikasi. Bahkan, beragam informasi di jaman sekarang sudah sedemikian banyak dan kompleks untuk dipilah-pilah mana yang bersifat edukatif dan mana yang sebaiknya dihindari. Program-program televisi, acara radio, kehadiran VCD dengan berbagai sajian komunikasi dan informasi yang sering tidak sesuai dengan kondisi keluarga, juga turut mempengaruhi proses perjalanan keluarga yang bersangkutan.
Sebagai anggota masyarakat, kita sama sekali tidak mempunyai kekuatan apa-apa untuk menghadapi situasi seperti ini. Bisakah kita melarang peredaran VCD-VCD yang sebarannya serta cara memperolehnya lebih mudah dari membeli kacang goreng?. Bisakah kita melarang atau setidaknya mengatur anak-anak kita atau saudara-saudara kita yang masih kecil untuk tidak menonton acara siaran televisi tertentu yang sebenarnya bukan untuk konsumsi mereka?. Bisakah kita sebagai orang tua atau setidaknya sebagai anggota masyarakat yang masih peduli terhadap pendidikan keluarga, memantau anak-anak kita atau adik-adik kita yang masih di bawah umur untuk tidak mengakses internet pada situs-situs dewasa?. Semuanya serba sulit untuk ditangani. Sayangnya, informasi dalam proses komunikasi seperti ini justru pada masa sekarang bak banjir bandang yang tidak satupun orang bisa mencegahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SMS GRATIS